Syarat Menjadi AVSEC Bandara Sebagai Personel Keamanan

Syarat Menjadi AVSEC Bandara
Syarat Menjadi AVSEC Bandara

Syarat Menjadi AVSEC Bandara Sebagai Personel Keamanan Penerbangan? Banyak orang yang beranggapan bahwa AVSEC hanyalah tenaga keamanan bandara dengan kemampuan biasa saja. Faktanya tugas dari profesi tersebut tidaklah mudah dan dibutuhkan keterampilan khusus yang hanya bisa didapatkan di PSPP Penerbangan.

Karena itulah syarat menjadi AVSEC petugas keamanan penerbangan sangat sulit. Namun jika Anda tertarik menekuni pekerjaan ini, perhatikan beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu

Syarat Menjadi AVSEC Bandara Sebagai Personel Keamanan Penerbangan

Gaji yang cukup besar sepadan dengan tugas berat yang dipikul oleh personil AVSEC. Jika petugas keamanan biasa seperti satpam hanya bertanggung jawab pada keamanan bandara.

Lainnya halnya dengan profesi ini yang bertugas menjaga keamanan penerbangan mulai dari pemeriksaan penumpang, bagasi, awak pesawat, sampai dengan penanganan jika terjadi bahaya saat penerbangan. Karena itulah sangat berat untuk bisa diterima menjadi bagian AVSEC. Adapun persyaratan yang harus Anda penuhi diantaranya.

1. WNI Yang Berusia Maksimal 28 Tahun

Ini menjadi syarat menjadi AVSEC petugas keamanan penerbangan yang wajib dipenuhi. Untuk membuktikannya saat pendaftaran Anda harus menyertakan foto copy KTP yang asli. Tentunya untuk minimal usia adalah 17 tahun karena sudah berhak mendapatkan Kartu Tanda Penduduk.

2. Minimal Lulusan SMA atau Sederajat Dan Belum Menikah

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan ini yang ditunjukkan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir, maka Anda bisa memasukkan lamaran ke pihak bandara. Selain itu Anda juga harus menyertakan surat keterangan  belum menikah yang disyahkan oleh kepala desa setempat.

3. Kesehatan fisik

Keadaan fisik Anda juga harus dijaga jika ingin mendaftar sebagai personil AVSEC. Persyaratan fisik yang harus dipenuhi diantaranya tinggi badan untuk lelaki adalah 168 cm sedangkan untuk wanita adalah 163cm dengan berat badan yang proporsional.

Keadaan fisik tubuh tidak bertato, berkacamata, dan bertindik. Serta tidak menderita buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

4. Kecakapan Dalam Berbahasa Inggris

Karena profesi ini berkaitan dengan penumpang dari beberapa negara dunia, tentunya sebagai petugas keamanan khusus, Anda harus memiliki kecakapan dalam berkomunikasi agar pekerjaan bisa berjalan secara lancar. Dengan kecakapan bahasa Inggris yang Anda miliki, dimanapun Anda ditugaskan tidak akan menjadi soal.

5. Berkelakuan Baik dan Mengikuti Seluruh Tahapan Seleksi

Syarat menjadi AVSEC petugas keamanan penerbangan yang paling utama adalah berkelakuan baik dan tidak pernah memiliki catatan kriminal sama sekali. Ikuti semua tahapan seleksi yang ada mulai dari seleksi administrasi, fisik, tertulis, dan sebagainya. Dan jika Anda berhasil lolos maka peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan sebagai AVSEC semakin besar.

Sekolah AVSEC Indonesia

Anda bisa melakukan pendaftaran secara online di website resmi PSPP Penerbangan. Isi semua formulir pendaftaran dengan lengkap dan valid lalu kirim bukti pembayaran. Setelah terverifikasi maka Anda akan mendapatkan username dan password yang akan digunakan untuk log in.

Upload semua berkas yang diperlukan seperti pas foto, surat keterangan sehat, kartu identitas diri, ijazah dan transkrip nilai, dan lain-lain. Tunggu konfirmasi selanjutnya dari tim panitia seleksi. Jika administrasi Anda dinyatakan lolos, Anda akan dihubungi untuk mengikuti seleksi wawancara.

Untuk bisa lolos maka syarat menjadi AVSEC petugas keamanan penerbangan harus dipenuhi. Tunggu pengumuman selanjutnya apakah Anda dinyatakan diterima sebagai personil AVSEC. Sebelum mendaftar sebaiknya persiapkan fisik dan mental untuk menghadapi setiap ujian yang diajukan. Dan tak lupa siapkan semua berkas dengan lengkap agar pendaftaran Anda diterima.