Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura Wajib Memiliki Lisensi Resmi

Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura Wajib Memiliki Lisensi Resmi
Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura Wajib Memiliki Lisensi Resmi

Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura? Pernahkah Anda mendengar istilah AVSEC? Ketika mengunjungi bandara, ada petugas yang menjaga keamanan di beberapa titik penting. Merekalah yang disebut dengan AVSEC atau AvianSecurity.

Apa Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura? Menjadi petugas atau personil keamanan di bandara berbeda dengan tempat umum atau privat lain. Anda harus mengetahui tugas dan syarat agar dapat menjadi AVSEC yang handal dan berdedikasi. Pemerintah mengeluarkan peraturan yang berkaitan dengan hal ini.


 Tentang Ugas dan Syarat AVSEC Angkasa Pura

  1. Tugas AVSEC Bandara

AVSEC dibentuk karena adanya gangguan keamanan baik di bandara maupun saat pesawat mengudara. Pada tahun 1931, terjadi tindak kejahatan pada penerbangan sipil untuk pertama kalinya. Sejak saat itu, setiap bandara dan maskapai wajib memiliki AVSEC sebagai syarat keamanan. Adanya AVSEC akan meningkatkan kenyamanan dan ketenangan pada penumpang. Secara umum, AVSEC memiliki tanggung jawab pada keselamatan dan keamanan penerbangan dan hal lain yang terkait dengan kelancaran pelayanannya.

Untuk memenuhi tanggung jawab tersebut, AVSEC memiliki beberapa tugas yang wajib dikerjakan. Mereka bertugas untuk memeriksa dokumen seperti passport dan visa serta beberapa dokumen penunjang lain yang harus disediakan oleh penumpang sebelum masuk ke pesawat. Personil AVSEC juga memeriksa kabin, bagasi penumpang, pelaporan, dan awak pesawat. Pemeriksaan juga berlaku pada jamaah haji. Selain pemeriksaan, tugas lain adalah penanganan senjata.

Monitoring atau pengawasan juga menjadi tugas AVSEC. Mereka memastikan tidak ada kekeliruan saat penangan kabin, bagasi, dan proses checkin. Ketika ada penumpang berkebutuhan khusus, petugas akan segera menanganinya secara langsung untuk kelancaran penerbangan. Selain penumpang, AVSEC juga bertanggung jawab untuk memeriksa dan menangani kargo, pos, dan paket yang dikirim via jalur udara atau penerbangan.


  1. Persyaratan AVSEC Bandara

Setelah mengetahui tugas, Anda harus mengetahui Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura. Syarat adalah penting untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab yang telah disebutkan diatas. Apa persyaratan umum AVSEC? Pria dan wanita dapat menjadi AVSEC. Usia maksimal 28 tahun dan telah lulus SMA atau sederajat. Mereka belum menikah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari daerah setempat dan memiliki jasmani atau badan sehat dengan bukti surat dari dokter.

Petugas AVSEC harus memiliki tinggi badan minimal yaitu 165 cm untuk pria dan 158 cm untuk wanita. Berat badan juga harus proporsional serta tidak menggunakan kaca mata atau buta warna serta tidak bertato atau tindik. Syarat lain adalah berkelakuan baik dengan bukti SKCK dan bersedia ditempatkan di area kerja Angkasa Pura. Bagi yang memiliki sim A/B sangat diutamakan untuk PKP-PK. Mereka yang memenuhi persyaratan akan masuk dalam tahapan seleksi selanjutnya


  1. Pendidikan AVSEC Bandara

Menjadi AVSEC tidak mudah karena harus melewati seleksi yang ketat. Selain itu, mereka juga harus mendapatkan pelatihan dan pendidikan khusus. Untuk memenuhi persyaratan, banyak calon AVSEC yang bersekolah untuk memperoleh sertifikat atau lisensi untuk meningkatkan peluang agar diterima sebagai AVSEC.

Sekolah AVSEC Indonesia

Tugas dan tanggung AVSEC tidak kecil karena sangat menentukan kenyamanan dan keamanan penerbangan. Kesalahan fatal atau kelalaian akan merugikan banyak pihak. Oleh karena itu, Angkasa Pura memastikan bahwa setiap calon AVSEC telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Mereka akan menjalani proses seleksi yang ketat dan dilatih untuk mampu menangani aspek keamanan dan keselamatan bandara. Semua hal tersebut sangat terkait dengan tugas dan Syarat Menjadi AVSEC Angkasa Pura.