Perbedaan AVSEC Bandara Dengan Petugas Kemanan Biasa

Perbedaan AVSEC Bandara Dengan Petugas Kemanan Biasa
Perbedaan AVSEC Bandara Dengan Petugas Kemanan Biasa

Yuk Simak Apa Saja Perbedaan AVSEC Bandara Dengan Petugas Kemanan Biasa? AVSEC atau lebih dikenal sebagai Aviation Security, sekilas hampir sama dengan petugas keamanan atau yang lazim dikenal sebagai satpam. Namun, AVSEC dan satpam bukanlah seperti pinang dibelah dua.

AVSEC dan satpam memiliki beberapa perbedaan jika dilihat dari tugas dan fungsinya. Walau pun mereka sama-sama menjalankan fungsi pengamanan. Mau tahu apa perbedaan AVSEC dengan petugas keamanan biasa? Simak penjelasan berikut tentang tugas dan fungsi AVSEC yang dapat membedakan dengan petugas keamanan biasa atau lebih sering dikenal sebagai satpam.

Tugas AVSEC Bandara

Jika dilihat namanya AVSEC memang memiliki tugas dan fungsi yang berkaitan dengan keamanan. Namun, kata-kata aviation inilah yang membedakan dengan satpam biasa. Seorang AVSEC yang telah menjalani masa pendidikan sekitar 4 bulan dan bersertifikat bisa bertugas sebagai pengaman bandar udara.

Jadi AVSEC bisa diistilahkan sebagai polisinya bandara. Lisensi AVSEC bertaraf internasional dan diakui oleh dunia penerbangan. Berbeda dengan satpam yang walau sama-sama mendapatkan pendidikan namun sedikit ada perbedaan pada kurikulumnya.

Sekolah bagi calon AVSEC kurikulumnya disesuaikan dengan peraturan Dirjen Perhubungan Udara dan disetujui oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Jika hanya menjadi satpam biasa kadang ada beberapa perusahaan yang tidak memerlukan sertifikat khusus. Jika pernah menjalani pendidikan sebagai satpam paling-paling hanya menjalani diksar atau pendidikan dasar yang disesuaikan dengan kurikulum dari POLDA.

Jadi di sini yang berhak menjadi pengaman atau polisi bandara adalah benar-benar seorang yang pernah menjalani pendidikan di sekolah penerbangan atau PSPP Penerbangan. Dan sertifikasi atau lisensinya dinamakan STKP(Surat Tanda Kecakapan Petugas).

Demikianlah perbedaan AVSEC dengan petugas keamanan biasa dilihat dari jalur pendidikan dasarnya. Untuk persyaratan secara akademis hampir sama yaitu lulusan SMA atau sederajat dengan usia 18 tahun ke atas.

Bertugas mengamankan bandara sangat berbeda dengan mengamankan bank, mall, hotel atau pabrik. Dilihat dari sejarahnya mengapa perlu adanya AVSEC karena berbagai kasus yang berkaitan dengan pembajakan udara. Maka seorang AVSEC harus benar-benar paham tentang prosedur pemeriksaan penumpang secara keseluruhan.

Dan bisa mengantisipasi adanya penyelundupan, mengeliminir tempat persembunyian pembajak, dan kemungkinan kejahatan lain yang berkaitan dengan penerbangan.

Dibandingkan dengan seorang satpam biasa, mereka hanya bertanggung jawab atas kejahatan seperti perampokan, pencurian, kerusuhan akibat demo karyawan, serta tidak berhubungan dengan keselamatan dan keamanan penerbangan. Sarana dan prasarana yang digunakan pun jelas berbeda.

Seorang AVSEC dilengkapi alat bantu seperti ID Card, X-Ray, HHMD, WTMD, CCTV, dan lain-lain. Sekarang Anda akan semakin jelas melihat perbedaan AVSEC dengan petugas keamanan biasa dilihat dari alat bantu yang digunakan dan beberapa fasilitas yang perlu mendapat pengamanan.

Tanggung Jawab Seorang AVSEC Bandara

Seorang AVSEC juga bertanggung jawab terhadap pengamanan beberapa fasilitas bandar udara. Baik yang berada di dalam lingkungan bandara atau di luar area penerbangan. Fasilitas bandar udara yang perlu mendapatkan pengamanan meliputi pesawat udara, kantor bandar udara, terminal bandar udara, apron, runway, lampu landasan, dan lain-lain.

Sekolah AVSEC Indoneisa

Sedang yang berada di luar bandara meliputi pagar, inspection road, radar, dan dvor yang merupakan alat navigasi yang digunakan untuk mengirimkan informasi mengenai arah angin. Kegunaan dvor dapat membantu kelancaran pendaratan atau terbangnya pesawat dengan jarak jangkauan sinyal sekitar 200 km.

Perbedaan AVSEC Bandara Dengan Petugas Kemanan Biasa dapat juga dilihat dari proses pemeriksaan keamanan yang ada di bandara. Seperti pada area check-in, gate atau boarding lounge.