Pengertian VISA Menurut Ilmu Penerbangan Sesuai Dengan Jenisnya

Pengertian VISA Menurut Ilmu Penerbangan
Pengertian VISA Menurut Ilmu Penerbangan

Pengertian VISA Menurut Ilmu Penerbangan? Istilah visa sering berhubungan dengan orang asing atau orang yang hendak pergi ke luar negeri. Namun, apa sebenarnya visa itu kadang orang masih bingung membedakannya dengan istilah paspor.

Pengertian visa adalah sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh negara tertentu yang isinya tentang izin diperbolehkannya warga negara asing untuk masuk ke negara tersebut. Lembaga yang memiliki kewenangan mengeluarkan visa biasanya kedutaan besar atau kantor konsulat jenderal.

Jenis Visa, Cara Pembuatan dan Perbedaannya Dengan Paspor

Jenis visa bisa dibedakan menurut fungsinya, yaitu ada yang disebut visa transit, visa kerja, visa belajar, visa bisnis, visa wisata, dan visa diplomatik. Beberapa penjelasan secara detail tentang jenis visa bisa disimak di bawah ini:

  1. Visa Transit, merupakan visa yang digunakan untuk tujuan sementara selama penerbangan udara di negara tertentu sebelum akhirnya melanjutkan lagi penerbangan ke negara tujuan.
  2. Visa Kerja, merupakan visa yang digunakan untuk tujuan kerja di luar negeri.
  3. Visa Belajar, merupakan visa untuk tujuan belajar atau sekolah di luar negeri.
  4. Visa Bisnis, merupakan visa untuk keperluan melakukan perjalanan bisnis di luar negeri.
  5. Visa Wisata, merupakan visa untuk keperluan berwisata ke luar negeri.
  6. Visa Diplomatik, merupakan visa yang digunakan untuk perjalanan diplomatik ke luar negeri.

Jika mengacu kepada pengertian visa adalah dokumen ijin resmi yang dikeluarkan oleh negara lain yang hendak dikunjungi. Jadi disini bisa saja karena alasan tertentu calon pengunjung tidak mendapatkan visa untuk masuk ke negara yang akan dituju. Pemberian ijin tersebut sepenuhnya menjadi wewenang dari negara yang bersangkutan.

Perbedaan Visa Dengan Paspor Secara Umum

Paspor merupakan dokumen perjalanan internasional yang dikeluarkan oleh negara asal dari pengunjung. Biasanya paspor memuat identitas calon pengunjung dan status kewarganegaraan di negara asal.

Sebelum melakukan pengurusan visa sebaiknya melakukan pembuatan paspor terlebih dahulu. Paspor merupakan syarat awal dalam pembuatan visa. Namun, saat ini ada juga beberapa negara yang membebaskan visa bagi warga negara asal Indonesia.

Hal ini dimungkinkan karena ada kerja sama diplomatik antara Indonesia dengan negara tertentu sehingga bisa bebas visa untuk beberapa waktu atau cukup mengurus visa on arrival saja. Visa jenis ini memiliki aturan tersendiri. Seseorang yang sudah memiliki paspor bisa saja memiliki visa lebih dari satu.

Contoh Kegunaan Visa…

Sebagai contoh orang dengan visa kerja di Hongkong hendak mengadakan kunjungan wisata ke Jepang. Maka orang tersebut perlu mengurus visa wisata di kedutaan Jepang, setelah memperoleh visa wisata orang tersebut bisa kembali ke Hongkong dengan visa kerja.

Jadi keberadaan paspor dan visa memang beriringan. Urus paspor terlebih dahulu baru setelah itu bisa membuat visa ke beberapa negara lain yang disesuaikan dengan fungsinya.

Kembali lagi kepada pengertian visa adalah sebuah dokumen ijin masuk ke wilayah negara asing untuk keperluan tertentu dan memiliki masa berlaku. Maka sebelum pergi ke luar negeri hendaknya perlu diketahui dulu tentang syarat dan mekanisme pemberian ijin dari negara yang akan dikunjungi.

Sekolah Pramugari Indonesia

Tentukan maksud dan tujuan yang jelas karena masa berlaku masing-masing visa juga erat hubungannya dengan tujuan kunjungan. Sebagai contoh visa kerja akan memiliki masa berlaku yang berbeda dengan visa wisata.

Umumnya visa wisata tidak begitu lama hanya beberapa hari atau bulan, namun untuk visa kerja bisa untuk waktu 2 tahun dan selanjutnya bisa diperpanjang.