Macam Macam Pekerjaan di Bandara Yang Paling Diminati Masyarakat

Macam Macam Pekerjaan di Bandara
Macam Macam Pekerjaan di Bandara

Macam Macam Pekerjaan di Bandara? Memiliki profesi di dunia penerbangan merupakan hal yang diimpikan bagi banyak orang. Selain diberikan kesejahteraan dengan upah yang cukup tinggi, mereka mendapatkan berbagai pengalaman yang berharga selama bekerja.

Profesi dalam dunia penerbangan bukan hanya sebatas pilot dan flightattendant (pramugari dan pramugara) saja.

Banyak orang yang belum mengetahui macam-macam profesi dalam dunia penerbangan selain pilot dan flightattendant. Penerbangan pesawat tentunya membutuhkan kerja sama dari berbagai divisi untuk dapat terbang dan sampai di tempat tujuan dengan selamat. Namun kebanyakan orang tidak menyadari orang-orang yang bekerja dibalik penerbangan yang sukses.

Macam Macam Pekerjaan di Bandara Yang Paling Diminati Masyarakat Indonesia

Dunia penerbangan memang menawarkan gaji yang sangat menggiurkan bagi para pekerjanya. Bekerja di maskpai penerbangan tentunya bukan hal yang mudah. Diperlukan pendidikan dari sekolah khusus untuk memiliki profesi yang bekerja di dunia penerbangan. Bagi Anda yang penasaran dengan macam-macam profesi dalam dunia penerbangan berikut penjelasannya:

 1. Profesi Pilot

Profesi dalam dunia penerbangan yang paling dikenal adalah pilot yang bertugas mengemudikan pesawat. Profesi ini tentunya bukanlah hal yang mudah, selain lulus dari sekolah penerbangan, untuk menjadi seorang pilot Anda harus lolos seleksi berbagai tes untuk mendapatkan sertifikasi terbang. Setelah kemampuan Anda dipercaya, maka Anda akan mulai diberikan jam terbang.

Keahlian ini cukup sulit untuk dikuasai karena selain dituntut untuk selalu fokus, juga membutuhkan berbagai skill lain yang cukup sulit. Namun hal tersebut bukan hal yang tidak mungkin, selama bersungguh-sungguh dalam belajar, Anda dapat menjadi seorang pilot yang handal.

 2. Profesi Flight Operations Officer (Pilot Darat)

Pilot darat memiliki tugas untuk mengendalikan pesawat dengan mengontrol berbagai persiapan penerbangan pesawat.

Selain itu, sebelum pesawat dapat terbang pilot darat juga harus menghitung keseimbangan dan performance pesawat untuk menghindari kecelakaan terjadi. Pilot darat juga mengatur pengisian bahan bakar, memastikan cuaca sudah aman pada bandara keberangkatan dan kedatangan, serta rute- rute yang akan dilalui pesawat.

 3. Profesi Flight Attendant (Pramugari/Pramugara)

Profesi ini adalah salah satu dari macam-macam profesi dalam dunia penerbangan yang sangat diminati. Alasannya adalah karena pekerjaannya yang tidak terlalu sulit, dan gaji yang bisa terbilang di atas rata-rata. Flightattendant bertugas untuk mendampingi dan menjamin keselamatan serta keamanan penumpang selama perjalanan.

Profesi ini paling banyak diminati karena terbilang cukup mudah. Namun meski begitu, untuk dapat menjadi flightattendant Anda harus menempuh pendidikan khusus terlebih dahulu untuk mempelajari skill yang dibutuhkan. Selain wajah yang rupawan, Anda dituntut untuk lancar berbahasa Inggris untuk dapat melayani penumpang yang berasal dari mancanegara.

 4. Air Traffic Controller (Polisi Lalu Lintas Udara)

Air TraficController (ATC) bertugas untuk mengatur keamanan lalu lintas udara dan memastikan pesawat satu dengan yang lainnya tidak terbang berdekatan dan terhindar dari tabrakan di udara. ATC akan berkomunikasi dengan pilot untuk memberikan informasi berupa data-data seputar keadaan di udara. ATC akan mengawasi dan memonitor pergerakan pesawat dengan bantuan radar.

Sekolah AVSEC Indoneisa

Demikian beberapa penjelasan mengenai macam-macam profesi dalam dunia penerbangan. Apabila Anda berminat bekerja di dunia penerbangan, tentukanlah profesi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Untuk dapat memiliki profesi dalam dunia penerbangan dibutuhkan skill atau keahlian yang khusus. Untuk itu Anda perlu mempersiapkannya dengan belajar di sekolah-sekolah penerbangan, salah satu contohnya di Pendidikan Staff Penerbangan dan Pariwisata (PSPP).