Kriteria Calon AVSEC Internasional Yang Memenuhi Persyaratan

Kriteria Calon AVSEC Internasional
Kriteria Calon AVSEC Internasional

Apa Saja Kriteria Calon AVSEC Internasional? mungkin sering dianggap lebih rumit dibandingkan dengan AVSEC maskapai. Seperti yang telah diketahui bahwa AVSEC tugas utama seorang AVSEC bandara adalah menjaga keamanan penerbangan yang meliputi pengecekan identitas penumpang, pencegekan bawang bawaan penumpang dan lain-lain.

Biasanya seorang AVSEC berjaga di depan pintu masuk terminal keberangkatan yang pasti berbeda dengan security pada umumnya. Tugas AVSEC lebih berat karena membantu menjaga kelancaran penerbangan supaya tidak terjadi kecelakaan pesawat akibat dari barang bawaan penumpang yang berbahaya.

Apa Saja Kriteria Menjadi Calon AVSEC Internasional ? 

Melihat pentingnya tugas AVSEC seperti yang sudah disampaikan di atas maka tak heran jika kini profesi AVSEC mempunyai peluang yang banyak. Meskipun begitu untuk menjadi seorang AVSEC terutama di bandara internasional maka dibutuhkan beberapa kriteria yang harus anda penuhi. Bahkan jika ada salah satu kriteria yang tidak terpenuhi maka kemungkinan anda tidak bisa lolos mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Untuk AVSEC bandara internasional sebetulnya tidak membutuhkan kriteria yang berbeda jauh dengan AVSEC pada umumnya. Namun yang pasti seorang calon AVSEC harus mempunyai lisensi atau SKTP dari pendidikan AVSEC yang telah diikuti.

Supaya lebih jelas mengenai kriteria calon AVSEC internasional maka berikut ini akan diberikan informasinya untuk anda.

  1. Tinggi Badan

    Tinggi badan menjadi kriteria penting dan mutlak untuk calon AVSEC. Bahkan jika tinggi badan seseorang tidak sesuai dengan persyaratan maka ia tidak bisa memperileh lisensi atau SKTP. Pada umumnya untuk AVSEC maskapai, tinggi badan minimal untuk wanita adalah 160 cm dan pria 168 cm. Namun untuk AVSEC di bawah naugan Angkasa Pura atau untuk bandara internasional tinggi badan minimal wanita adalah 165 cm dan pria 170 cm.

  2. Berat Badan

    Seorang calon AVSEC bandara internasional sebaiknya memiliki berat badan yang ideal dengan tinggi badan. Dimana berat badan ideal bisa anda hitung berat badan ideal = tinggi badan – 110.

    Sekolah AVSEC Indonesia

  3. Sehat Jasmani dan Rohani

    Seorang AVSEC harus mempunyai kesehatan yang baik yang meliputi tidak hepatitis, tidak buta warna, mempunyai kondisi mata yang normal, tidak berkacamata, tidak mengidap penyakit lainnya, dan belum pernah mengalami patah tulang.

  4. Usia

    Usia minimal calo23n AVSEC adalah 17 tahun dan maksimal 28 tahun.

  5. Berpenampilan Menarik

    Seorang AVSEC harus berpenampilan menarik karena akan melayani penumpang dari berbagai kalangan.

  6. Berkomunikasi dengan Baik

    Seorang AVSEC nantinya akan melayani penumpang secara langsung sehingga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan informasi kepada penumpang.

  7. Menguasai Bahasa Inggris

    Karena nanti akan ditempatkan di bandara internasional yang penumpangnya berasal dari berbagai negara maka seorang AVSEC harus bisa menguasai bahasa Inggris untuk memudahkan komunikasi dengan penumpang.

  8. Mempunyai Lisensi atau SKTP

    Seorang calon AVSEC harus memiliki lisensi atau SKTP sebagai bukti bahwa seseorang tersebut sudah layak menjadi seorang AVSEC.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai kriteria untuk menjadi calon AVSEC di bandara internasional yang bisa menambah wawasan anda. Anda juga bisa melengkapi kemampuan anda di dunia penerbangan dengan mengikuti pendidikan khusus di sekolah penerbangan terbaik di Indoneisa, yaitu PSPP Penerbangan.

Baca Juga: Biaya Pendidikan Sekolah AVSEC Bandara Berlisensi Resmi di Indonesia.

Untuk anda yang ingin menjadi seorang AVSEC maka sebaiknya penuhi kriteria di atas. Kriteria calon AVSEC internasional sangat menentukan apakah nantinya anda bisa lolos seleksi dan bisa diterima menjadi seorang AVSEC di sebuah bandara internasional.