Definisi AVSEC Aviation Secuirty Yang Bertugas di Bandara

Definisi AVSEC Aviation Secuirty
Definisi AVSEC Aviation Secuirty

Definisi AVSEC Aviation Secuirty Yang Bertugas di Bandara? Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di pikiran Anda. AVSEC Bandara merupakan orang-orang yang ditugaskan secara khusus di Bandara.

Mereka dituntut untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dari setiap penumpang pesawat yang sedang berada di Bandara. Apakah AVSEC ini sama dengan seorang Satpam? tentu saja tidak.

Untuk dapat bekerja sebagai AVSEC di Bandara, maka seseorang harus mengikuti sebuah kursus khusus. Jika berhasil mengikuti kursus tersebut dengan baik, maka ia akan mendapat sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar menjadi AVSEC tersebut. Untuk lebih jelasnya tentang AVSEC ini, berikut informasinya untuk Anda.

Tugas AVSEC Bandara

AVSEC (Aviation Security) adalah orang yang bertugas menjaga keamanan dan kenyamanan sebuah Bandara. Sebagaimana dikatakan di awal tadi, bahwa untuk menjadi seorang AVSEC maka diperlukan sebuah sertifikat khusus dari lembaga terkait.

Mereka akan memiliki sejumlah tugas penting sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh ICAO. Tanggung jawab utamanya adalah memastikan keselamatan dari setiap penerbangan yang ada di Bandara.

Secara umum, AVSEC memiliki 3 ruang lingkup kerja, yaitu para area Tertutup, Terbuka, dan area Publik. Sehingga tidak heran jika mereka digadang-gadang sebagai baris terdepan keamanan dari sebuah Bandara. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan Apa Itu AVSEC Bandara, Anda dapat mengenalinya dari tugas-tugasnya di bawah ini.

  1. Menjamin Keamanan Penerbangan

Seseorang yang berprofesi sebagai AVSEC Bandara dituntut untuk mampu memberikan jaminan keselamatan penerbangan dari setiap ancaman tindakan kriminalitas. Baik kepada para Penumpang pesawat, Pilot, Pramugari, maupun Pesawat Terbang itu sendiri. Bahkan juga termasuk para petugas lain yang bekerja di Bandara tersebut. Dengan demikian, setiap penerbangan yang ada di sebuah Bandara dapat berjalan dengan lancar dan aman.

  1. Melalukan Pemeriksaan

Sebagai bentuk pelayanan kepada para penumpang pesawat, maka petugas AVSEC akan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut dilakukan kepada penumpang itu sendiri dan juga barang bawaannya. Sehingga dengan adanya pemeriksaan ini, maka hal-hal yang merugikan dapat terhindari. Terlebih jika hal tersebut berpotensi sebagai tindakan melawan hukum, seperti membawa senjata tajam, obat-obat terlarang seperti Narkoba.

  1. Melakukan Pengawasan

Tugas seorang AVSEC berikutnya adalah melakukan pengawasan. Tugas ini harus benar-benar dikerjakan secara maksimal oleh AVSEC, sebab akan berkaitan erat dengan kenyamanan dan keamanan Bandara tersebut. Tugas pengawasan dilakukan AVSEC pada semua sisi yang ada di Bandara. Sehingga apa bila terdapat hal-hal mencurigakan, mereka akan langsung mengambil tindakan. Dengan demikian, keamanan Bandara akan selalu tetap terjaga sepanjang waktu.

Berdasarkan beberapa tugasnya di atas maka sudah dapat dipastikan bahwa seorang AVSEC Bandara memiliki tanggung jawab yang besar pada pekerjaanya.

Sehingga hal ini juga menjadi point untuk membedakannya dengan Security ataupun Satpam pada umumnya. Dengan sejumlah tugas berat yang dimiliki tersebut, maka tidak heran jika seseorang yang ingin bekerja sebagai AVSEC harus memiliki sertifikat khusus.

Paling tidak dengan sertifikat tersebut, dapat menjamin bahwa yang bersangkutan benar-benar memiliki pengetahuan dan skill di bidangnya.Sekolah AVSEC Indonesia

Demikianlah, Semoga informasi Tentang Definisi AVSEC Aviation Secuirty Yang Bertugas di Bandara dapat bermanfaat bagi Anda. Terlebih bagi Anda yang sedang mencari tahu Apa Itu AVSEC Bandara.

Jika Anda berminat untuk bekerja pada bidang tersebut, maka carilah lembaga khusus yang memiliki fasilitas pendidikan terkait AVSEC tersebut. Sehingga Anda akan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang AVSEC dan dapat diterima bekerja di Bandara tertentu. Selamat mencoba.