Pilih Laman
Definisi AVSEC (Aviation Security)

Definisi AVSEC (Aviation Security)

Apa Itu AVSEC (Aviation Security)? Bagi Pengguna Jasa Penerbangan tentu tidak asing lagi dengan Personil Keamanan Penerbangan yang satu ini, Petugas AVSEC biasa ditemui ketika mulai memasuki pintu keberangkatan yang ada di bandara.

Dalam Dunia Penerbangan, Personil Keamanan Penerbangan merupakan Profesi yang sangat penting demi menjaga keamanan yang ada di Bandara.

Tentu saja, Profesi AVSEC sangat berpengaruh besar karena jika kita melihat Beberapa kejadia Terorisme, Pembajakan di Pesawat serta kejadian pengeboman di bandara. Petugas AVSEC juga mempunyai tanggung jawab yang sangat berat.

Dalam setiap menjalankan tugas-tugasnya, Aviation Security (AVSEC) Tentunya banyak aspek yang harus diperhatikan dan mengacu kepada Regulasi Internasional yang sangat ketat. Lalu, Apa Itu AVSEC (Aviation Security)?

Definisi AVSEC (Aviation Security)

Saat ini, Masih banyak orang awam yang beranggapan bahwa AVSEC sama halnya dengan Hansip, Satpam atau Security yang banyak ditemui di Sekolah, Mall, Bank ataupun ditempat lain pada umumnya.

Definisi AVSEC (Aviation Security) adalah Petugas Keamanan yang bertugas menjaga dan menjamin keselamatan pengguna Jasa Penerbangan.

Petugas atau Personel Keamanan Penerbangan WAJIB memiliki LIsensi atau Surat Tanda Kecapakan Petugas (STKP) dalam melaksanakan Tugasnya (Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor:SKEP/2765/XII/2010 Bab I Butir 9), Jadi tidak asal-asalan.

Dalam Lisensi tersebut juga dijelaskan kewenangan Petugas KEamanan Penerbangan (AVSEC) dan jika sudah memiliki Lisensi maka sudah dinyatakan memiliki Kompetensi untuk melaksanakan tugas Pengamanan Penerbangan olehDirektur Jendral Perhubungan Udara.

Namun, Untuk mendapatkan Lisensi AVSEC tidak gampang, melainkan Setiap Calon AVSEC harus mengikuti Pelatihan atau Pendidikan Khusus AVSEC terlebih dahulu dan yang menyelenggarakan Pendidikan tersebut harus mendapatkan Persetujuan (IZIN) dari Direktur Jendral Perhubungan Udara.

Apakah AVSEC Sama Seperti Satpam?

Petugas AVSEC (Aviation Security) tentu sangat berbeda dengan Petugas Security biasa yang biasa Kita jumpai seperti di Mall, Bank ataupun di Sekolah, hal itu karena AVSEC (Aviation Security) mempunyai ruang lingkup yang berbeda dengan Satpam atau Security biasa.

Selain berbeda dalam setiap tugas yang dimiliki Aviation Security, Para Petugas AVSEC juga dibekali dengan beberapa peralatan untuk menunjang pekerjaan mereka selama memberikan pengamanan di Bandara.

  • Peralatan pendeteksi Hand Helth Metal Detector dan Walk Through Metal Detector (HTMD dan WTMD)
  • Peralatan pendeteksi bahan organik dan non-organik (X-Ray)
  • Peralatan pendeteksi bahan nuklir, biologi, kimia, dan radioaktif
  • Peralatan pendeteksi bahan peledak (Explosive Detector)
  • Kendaraan patroli keamanan penerbangan
  • Peralatan pemantau lalu lintas orang, kargo, pos, kendaraan, dan pesawat udara di bandara
  • Peralatan pusat penanggulangan keadaan darurat (Emergency Operation Centre)
  • Peralatan pengendalian jalan masuk (Acces Control)
  • Peralatan pendeteksi penyusup pagar perimeter (Perimeter Instruction Detection System)
  • Peralatan komunikasi personel keamanan

Tugas Tugas AVSEC Bandara

Tugas Tugas AVSEC yaitu menjamin dan menjaga keamanan, keselamatan penerbangan serta keteraturan dan efisensi penerbangan di seluruh area penerbangan.

Selain itu AVSEC juga bertugas memberikan perlindungan terhadap awak pesawat, para penumpang, petugas di darat, masyarakat dan instansi yang ada di bandara dari tindakan melawan hukum dan memenuhi standar peraturan yang ada baik secara nasional maupun internasional.

Dalam Aturan Internasional Petugas AVSEC Perbedoman pada ICAO (International Civil Aviation Organitation) yang merupakan sebuah organisasi penerbangan sipil internasional dibawah PBB.

ICAO mempunyai aturan aturan penerbangan yang disebut Annex. Aturan Keamanan Penerbangan Terdapat di Annex 17 Security yaitu Safeguarding International Civil Aviation Against Acts of Unlawful Interference. Jadi setiap negara yang menjadi anggota ICAO harus mematuhi aturan yang dibuat oleh ICAO tersebut.

Mereka (AVSEC) akan memiliki sejumlah tugas penting sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh ICAO. Tanggung jawab utamanya adalah memastikan keselamatan dari setiap penerbangan yang ada di Bandara.

Secara umum, AVSEC memiliki 3 ruang lingkup kerja, yaitu pada area Tertutup, Terbuka, dan area Publik. Sehingga tidak heran jika mereka digadang-gadang sebagai baris terdepan keamanan dari sebuah Bandara. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan Apa Itu AVSEC Bandara, Anda dapat mengenalinya dari tugas-tugasnya di bawah ini.

  1. Menjamin Keamanan Penerbangan
    Seseorang yang berprofesi sebagai AVSEC Bandara dituntut untuk mampu memberikan jaminan keselamatan penerbangan dari setiap ancaman tindakan kriminalitas. Baik kepada para Penumpang pesawat, Pilot, Pramugari, maupun Pesawat Terbang itu sendiri. Bahkan juga termasuk para petugas lain yang bekerja di Bandara tersebut. Dengan demikian, setiap penerbangan yang ada di sebuah Bandara dapat berjalan dengan lancar dan aman.
  2. Melalukan Pemeriksaan
    Sebagai bentuk pelayanan kepada para penumpang pesawat, maka petugas AVSEC akan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut dilakukan kepada penumpang itu sendiri dan juga barang bawaannya. Sehingga dengan adanya pemeriksaan ini, maka hal-hal yang merugikan dapat terhindari. Terlebih jika hal tersebut berpotensi sebagai tindakan melawan hukum, seperti membawa senjata tajam, obat-obat terlarang seperti Narkoba.
  3. Melakukan Pengawasan
    Tugas seorang AVSEC berikutnya adalah melakukan pengawasan. Tugas ini harus benar-benar dikerjakan secara maksimal oleh AVSEC, sebab akan berkaitan erat dengan kenyamanan dan keamanan Bandara tersebut. Tugas pengawasan dilakukan AVSEC pada semua sisi yang ada di Bandara. Sehingga apa bila terdapat hal-hal mencurigakan, mereka akan langsung mengambil tindakan. Dengan demikian, keamanan Bandara akan selalu tetap terjaga sepanjang waktu.

Berdasarkan beberapa tugasnya di atas maka sudah dapat dipastikan bahwa seorang AVSEC Bandara memiliki tanggung jawab yang besar pada pekerjaanya.

Sehingga, hal ini juga menjadi point untuk membedakannya dengan Security ataupun Satpam pada umumnya. Dengan sejumlah tugas berat yang dimiliki tersebut, maka tidak heran jika seseorang yang ingin bekerja sebagai AVSEC harus memiliki sertifikat khusus.

Paling tidak dengan sertifikat tersebut, dapat menjamin bahwa yang bersangkutan benar-benar memiliki pengetahuan dan skill di bidangnya.

Definisi Pengamanan Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan

  • Pengertian Pengamanan Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.54 tahun 2004 tanggal 21 Mei 2004 Pengamanan (security) adalah gabungan sumber daya manusia, fasilitas dan materil serta prosedur untuk melindungi penerbangan dari tindakan gangguan melawan hukum. Sedangkan upaya pengamanan (Security Control) adalah upaya pencegahan terhadap penyusupan senjata, bahan peledak atau bahan-bahan lain yang mungkin digunakan untuk melakukan tindakan gangguan melawan hukum.

Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM.54 tahun 2004 tindakan melawan hukum adalah tindakan yang dikategorikan sebagai berikut:

  • Tindakan kekerasan terhadap seseorang di atas pesawat udara dalam penerbangan yang dimungkinkan membahayakan keselamatan pesawat udara.
  • Menghancurkan atau merusak pesawat udara yang akan dioperasikan sehingga menyebabkan pesawat udara tersebut tidak dapat terbang atau membahayakan keselamatan pesawat udara tersebut.
  • Menempatkan alat atau bahan di pesawat udara dengan cara apapun sehingga pesawat udara tersebut tidak dapat terbang, hancur atau membahayakan keselamatan selama penerbangan.
  • Menghancurkan atau merusak atau mengganggu operasi fasilitas navigasi penerbangan yang berakibat membahayakn keselamatan penerbangan.
  • Komunikasi informasi palsu yang berakibat membahayakan keselamatan penerbangan.
  • Melakukan tindakan melawan hukum yang disertai dengan penggunaan peralatan zat atau bahan atau senjata. Bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang terjadi di daerah lingkungan kerja bandar udara, dapat berupa:
    • Ancaman bom
    • Bencana alam
    • Demonstrasi atau unjuk rasa
    • Kebakaran
    • Pembajakan pesawat udara
    • Penggelapan atau penyeludupan
    • Pemerasan
    • Pemalsuan atau penipuan
    • Pengrusakan
    • Pemogokan
    • Pencurian
    • Percaloan
    • Perdagangan liar
    • Sabotase
    • Serangan bersenjata
    • Teror
    • Dan lain-lain yang dapat menghambat atau mengganggu kelancaran operasi bandar udara maupun ketenangan dan ketentraman kerja di bandar udara.

Sedangkan, Dalam peraturan yang dibuat oleh dewan ICAO juga telah diatur dalam Aturan Keamanan Penerbangan yang tertulis dalam Annex 17 yang didefinisikan dengan Pengamanan adalah gabungan sumber daya manusia dan materil yang digunakan unuk melindungi penerbangan sipil dari tindakan gangguan melawan hukum. Upaya Pengamanan adalah upaya pencegahan terhadap penyusupan senjata, bahan peledak atau bahan-bahan lain yang mungkin digunakan untuk melakukan tindakan melawan hukum.

Meski yang dilakukan AVSEC (Aviation Security) untuk keselamatan penumpang, Namun masih banyak penumpang tidak berkenan untuk diperiksa.

Selain tidak bersedia untuk diperiksa, Ternya juga Masih banyak Penumpang yang tidak mentaati peraturan yang ada bandara. Padahal AVSEC bekerja sesuai Organisasi Penerbangan Sipil International. Petugas AVSEC yang ada di bandara juga diingatkan oleh kordinatornya untuk tidak menerima imbalan dari penumpang yang telah ditolongnya.

Mereka dituntut untuk menjamin kenyamanan dan keamanan dari setiap penumpang pesawat yang sedang berada di Bandara. Itulah Penjelasan Kenapa AVSEC Berbeda atau Tidak Sama Dengan Security Biasa.

Kenapa AVSEC Harus Memiliki Lisensi?

Kenapa Personil Keamanan Penerbangan WAJIB memiliki Lisensi atau Surat Tanda Kecakapan Petugas (STKP) yang diberi tugas dan tanggung jawab di bidang keamanan penerbangan bertujuan untuk:

  1. Memberikan Pengetahuan tentang Peraturan-peraturan Keamanan Penerbangan Sipil,
  2. Pengenalan Bandar Udara (working at the airport) dan Pelayanan Prima,
  3. Pengenalan Barang Dilarang (Prohibited Item),
  4. Pengenalan Barang Berbahaya (Dangerous Goods),
  5. Pengenalan Fasilitas Keamanan Penerbangan,
  6. Pengenalan Identifikasi Perilaku (Behavior Recognition and Profiling),
  7. Pengendalian Orang dan Barang,
  8. Pengawasan Pintu Masuk dan Pemeriksaan Orang,
  9. Pengawasan Pintu Masuk dan Pemeriksaan Kendaraan,
  10. Pengendalian Jalan Masuk Ke dan Dari Daerah Keamanan Terbatas Pada Area Penanganan Bagasi Tercatat (Access Control To Security Restricted Areas Where Hold Baggage Is Handled),
  11. Perlindungan Terhadap Bagasi Tercatat Yang Telah Diperiksa (Protection of Screened Hold Baggage), Rekonsiliasi Penumpang aan Bagasi (Passenger and Baggage Reconciliation),
  12. Pemeriksaan Penumpang,
  13. Pemeriksaan Penumpang Khusus (Special Categories of Passengers),
  14. Pemeriksaan Manual Bagasi/Barang Bawaan,
  15. Pemeriksaan Kargo dan Pos,
  16. Penyisiran dan Pengamanan Daerah Steril,
  17. Patroli dan Penjagaan,
  18. Pemeriksaan dan Perlindungan Keamanan Pesawat Udara,
  19. Pemeriksaan Keamanan Katering Pesawat Udara,
  20. Pencegahan Kebakaran,
  21. Program Keamanan Bandar Udara dan Program Penanggulangan Keadaan Darurat Keamanan Penerbangan Nasional (National Contingency Programme),
  22. Aviation English for Aviation Security.

Syarat Menjadi AVSEC Bandara

Untuk menjadi petugas AVSEC tidak hanya mengandalkan otot, seperti petugas keamanan lain nya, tapi dia juga harus mempunyai kompetensi (kecerdasan, skill, attitude serta knowledge) untuk melaksanakan tugasnya, yaitu menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan, Jadi tidak mudah untuk menjadi petugas AVSEC, tidak seperti yang kalian bayangkan.

Untuk itulah kenapa Calon AVSEC harus mengikuti Pendidikan Khusus. Karena, Setelah berhasil mengikuti Pendidikan Khusus tersebut, maka Setiap Calon AVSEC akan mendapatkan Lisensi atau Sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar menjadi AVSEC (Aviation Security).

Demikianlah, Semoga informasi Tentang Definisi AVSEC (Aviation Secuirty) Yang Bertugas di Bandara dapat bermanfaat bagi Anda. Terlebih bagi Anda yang sedang mencari tahu Apa Itu AVSEC Bandara.

Jika Anda Berminat Untuk Menjadi AVSEC (Aviation Security), Maka carilah Tempat Pendidikan Khusus yang bisa mengeluarkan Lisensi atau STKP yang diakui oleh Direktorat Keamanan Penerbangan. Sehingga Anda akan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang AVSEC dan dapat diterima bekerja di Bandara tertentu. Selamat mencoba.