Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Paling Mudah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Paling Mudah
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Paling Mudah

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Paling Mudah? Memiliki tubuh yang proposional memang menjadi idaman setiap orang, baik oleh kalangan pria maupun wanita. Dengan tubuh yang proposional tersebut, maka penampilan mereka juga akan ikut terupgrade.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan mempunyai tubuh proporsional adalah dengan memperhatikan berat badan. Apakah berat badan yang dimiliki telah sesuai (ideal) dengan keadaan tubuh.

Biasanya berat bandan seseorang akan dibandingkan dengan tinggi badan yang dimilikinya. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda telah ideal atau belum, berikut ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Paling Mudah.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Rumus Paling Mudah

Sejatinya berat badan seseorang akan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor pola makan. Kebanyakan orang yang memiliki berat bandan yang cukup besar akan memiliki pola makan yang banyak. Di samping itu, berat badan juga dapat dipengaruhi pula oleh faktor genetis.

Sebagian orang yang berbadan gemuk diketahui memiliki riwayat genetis yang diturunkan oleh orang tuanya. Sehingga jika Ayahnya berbadan gemuk, maka kemungkinan besar anaknya juga akan berbadan gemuk.

Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha agar tetap memiliki berat badan yang ideal. Hal ini bertujuan agar mereka tetap tampil percaya diri dengan penampilan tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak juga gemuk. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah berat badan Anda telah ideal atau belum? Berikut ini bocoran cara menghitungnya untuk Anda.

1. Menggunakan Rumus Brocha

Cara menghitung berat badan pertama adalah menggunakan rumus Brocha. Rumus Brocha ini terdiri atas dua jenis, satu untuk wanita dan satunya lagi untuk pria. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam penggunaan rumus ini adalah mengukur tinggi badan (TB). Untuk itu gunakanlah alat ukur yang sesuai, sehingga Anda mendapatkan ukuran tinggi badan yang akurat. Apa bila telah mengetahui tinggi badan Anda, maka selanjutnya gunakan rumus di bawah ini.

  • Pria : Berat badan ideal = (TB – 100) – (10%(TB-100))
  • Wanita : Berat badan ideal = (TB – 100) – (15%(TB-100))
  • Perhatikan contoh ini ;
  • Pria : Berat badan ideal = (TB – 100) – (10%(TB-100))
  • Berat badan ideal = (160 – 100) – (10%(160-100)) = 60 – (10%(60)) = 60 – 6 = 54 Kg

Maka berat badan ideal Anda adalah 54 Kg. Apa bila berat bada Anda saat ini tidak sesuai dengan hasil perhitungan yang dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa berat badan Anda belum ideal.

2. Menggunakan Rumus BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Paling Mudah yang kedua adalah dengan menggunakan rumus BMI. Pada cara kedua ini, Anda harus menimbang berat badan terlebih dahulu. Oleh sebab itu sediakanlah alat timbang khusus penimbang berat badan di rumah Anda. Setelah mengetahui berat badan Anda, ukurlah pula tinggi badan Anda saat ini. Untuk mengukur tinggi badan ini, Anda dapat mengukurnya menggunakan alat ukur yang tersedia di kediaman Anda.

Jika telah mengetahui berat dan tinggi badan Anda, maka selanjutnya lakukan perhitungan dengan menggunakan rumus ini :

  • BBI = BB : (TB x TB ).
  • Keterangan :
  • BBI = Berat badan ideal
  • BB  = Berat badan
  • TB  = Tinggi badan

Kemudian  bandingkan hasil perhitungan Anda dengan indikator berat badan ideal yang ditetapkan oleh BMI. Indikator antara berat badan ideal wanita dan pria berbeda satu sama lainnya.

Sekolah AVSEC Indoneisa

Untuk wanita berat nilai indikatornya berkisar antara 18 – 25, sementara pada pria berkisar antara 17-23. Apabila tidak sesuai dengan indikator tersebut, maka dapat diasumsikan bahwa berat badan Anda belum ideal.

Demikianlah informasi terkait Cara Menghitung Berat Badan Ideal Dengan Paling Mudah kali ini. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi Anda untuk menemukan berat badan yang ideal.