Cara Lolos Tes Interview Calon AVSEC Bandara di Indonesia

Cara Lolos Tes Interview Calon AVSEC
Cara Lolos Tes Interview Calon AVSEC

Cara lolos tes interview AVSEC Bandara memang penting untuk diketahui bagi anda yang benar-benar ingin diterima kerja menjadi AVSEC Bandara. Tes interview atau tes wawancara saat melamar kerja menjadi AVSEC sebetulnya tidak berbeda jauh dengan metode tes interview pada jenis pekerjaan lainnya.

Yang perlu anda perhatikan dalam tes interview AVSEC ini yaitu penyesuaian beberapa hal yang berkaitan dengan wawancara serta peluang diterima di perusahaan penerbangan tersebut. Tes interview memang sangat penting dalam perekrutan AVSEC karena bisa menjadi penentu apakah seorang pelamar bisa lolos atau tidak.

Perlu anda ketahui bahwa untuk menjadi seorang AVSEC ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi keputusan tes interview anda. Dimana keputusan tersebut antara lain dari hasil CV, penampilan, jawaban hingga bahasa tubuh saat mengikuti tes interview. Namun bagi anda yang masih merasa khawatir menghadapi tes interview AVSEC maka terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Dimana beberapa hal tersebut bisa membantu anda supaya lolos tes interview menjadi seorang AVSEC Bandara.

Cara Agar Lolos Tes Interview AVSEC Bandara

Perlu anda ketahui bahwa tes interview memiliki nilai yang sangat penting dalam menentukan apakah seseorang layak diterima menjadi seorang AVSEC atau tidak. Untuk itulah sebaiknya perhatikan beberapa cara supaya nantinya anda bisa lolos tes interview menjadi seorang AVSEC Bandara sesuai dengan impian anda.

Sekolah AVSEC Indoneisa

Adapun beberapa cara lolos tes interview AVSEC Bandara diantaranya sebagai berikut.

  1. Saat dipanggil memasuki ruangan interview maka pastikan anda berdiri dan berjalan dengan langkah yang penuh percaya diri dan tegap. Lalu perkenalkan diri anda pada pihak pewawanacar serta jabat tangan mereka.
  2. Saat anda memperkenalkan diri maka sebaiknya jangan sampai putus kontak mata. Lebih baik jika anda juga menyapa nama pewawancara tersebut jika anda sudah mengetahui namanya.
  3. Bersikaplah sopan namun jangan terlalu kaku saat proses interview berlangsung, Tunjukkan bahwa anda yakin dan memiliki rasa percaya diri untuk menjadi seorang AVSEC. Selain itu, responlah kalimat dari pewawancara dengan kalimat yang padat dan ringkas.
  4. Bila anda dipersilakan duduk maka upayakan posisi duduk anda tegap, tidak kaku serta tidak bersandar. Hindari meletakkan tangan di bawah meja sebab bisa menimbulkan kesan grogi terhadap pewawancara.
  5. Selain itu supaya anda lolos tes interview sebaiknya hindari gestur tubuh lainnya seperti senyum yang terlalu dipaksakan, gerakan yang kurang pas, terlalu sering menyentuh wajah, jabat tangan yang kurang tegas, posisi duduk sembarangan serta kontak mata yang tidak begitu fokus.
  6. Pastikan anda mempersiapkan diri untuk menjawab berbagai pertanyaan dari pewawancara dengan jawaban yang tegas, jujur dan sesuai dengan diri anda.

Salah satu kelemahan paling umum dari kegagalan saat tes wawancara adalah rendahnya pengetahuan maupun kemampuan yang dimiliki. Apalagi AVSEC merupakan profesi khusus penerbangan yang tidak sembarang orang tahu sehingga membutuhkan pendidikan khusus, krena itulah cara lain agar berhasil dalam menghadapi tes wawancara adalah dengan mengikuti pendidikan khusus di sekolah penerbangan. Salah satu lembaga yang sangat direkomendasikan adalah PSPP Penerbangan yang terbukti telah meluluskan banyak personal AVSEC yang telah bekerj a di berbagai bandara

Baca Juga: Biaya Pendidikan Sekolah AVSEC Bandara Berlisensi Resmi di Indonesia.

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar lolos tes intervie AVSEC Bandara yang bisa menambah wawasan anda. Penjelasan di atas bisa menjadi bahan persiapan yang penting sebelum anda menghadapi tes interview dan bisa anda terapkan. Dengan begitu anda tak perlu khawatir untuk mengikuti tes wawancara karena sudah memiliki bekal cara lolos tes interview AVSEC Bandara.